PELUANG BISNIS CUCI MOTOR/MOBIL

Peluang bisnis cuci motor / mobil Saat ini begitu banyak peluang atau kesempatan untuk membuka bisnis skala kecil menengah dengan modal yang tidak begitu besar dan relatif mudah untuk dijalankan tanpa perlu memiliki skill yang khusus. Salah satunya adalah usaha di bidang jasa usaha cuci motor dan mobil baik di daerah maupun di perkotaan mengingat semakin banyaknya kendaraan peluangnya masih terbuka lebar.
 


Sebagai gambaran saja modal yang diperlukan sebagai berikut:
  1. -Tempat dengan luas minimal 16 meter persegi.
  2. -Dana sekitar Rp.7.500.000,-.
    Modal diperlukan untuk membeli pompa air, kompresor, dan peralatan cuci, seperti sabun, sampo motor, sikat, kanebo, dan pengkilap cat motor. Modal ini termasuk untuk perbaikan tempat sesuai dengan kebutuhan, seperti kran dan saluran air.
  3. -Tenaga kerja, 2-3 orang, untuk mencuci motor (salah satu merangkap sebagai tenaga kerja administrasi).
    Jika makin banyak pengguna atau pelanggan jasa yang datang, jumlah tenaga kerja bisa Anda tambah.
Tips Menjalankan Usaha Bisnis Cuci Motor
  1. -Carilah lokasi usaha yang strategis dan banyak kendaraan bermotor. Pertimbangkan persaingan dan lingkungan yang banyak penduduk.
  2. -Mencari dan melatih tenaga kerja tentang cara dan standar kebersihan dalam mencuci sepeda motor sampai menyemir ban. Pilih pekerja yang mau bekerja keras dan tidak malas.
    Gaji mereka berdasarkan jumlah motor atau mobil yang dicuci. Ini dapat merangsang mereka agar giat bekerja dan mengurangi resiko jika jumlah konsumen sedikit, biasanya dengan sistem bagi hasil, misalnya harga cuci motor Rp. 10.000,- bagian untuk karyawan Rp. 4000,- .
  3. -Melatih tenaga kerja tersebut tentang bagaimana cara melayani dan berhubungan dengan konsumen sebaik mungkin, sabar dan ramah.
  4. -Tentukan harga cuci sepeda motor /mobil. Biasanya harga berkisar antara Rp. 8.000,- – Rp. 10.000,-. Penentuan harga tergantung dari potensi pengguna jasa dan pelayanan yang Anda tawarkan. Misalnya, menambah dengan menyemir ban.
  5. -Buatlah administrasi yang rapi, yaitu mencatat setiap pengeluaran, seperti: biaya listrik, air, gaji karyawan, iuran warga dan sebaginya serta mencatat setiap pemasukan. Gunakanlah kwitansi pada setiap konsumen yang mencuci motornya di tempat Anda.
  6. -Sebagai bentuk promosi dan untuk menarik konsumen, silahkan Anda buat undian berhadiah dari kupon kwitansi yang Anda berikan kepada pelanggan, misalnya berhadiah HandPhone, kipas angin dan sebagainya. Anggaplah sebagai biaya promosi yang nantinya akan mendatangkan keuntungan yang lebih.
  7. -Satu lagi cara untuk menarik konsumen yaitu dengan sistem bonus dengan cara Gratis cuci motor/mobil untuk setiap 10 kali cuci motor di tempat Anda.
Dengan menerapkan tips dan strategi bisnis cuci motor/mobil sederhana di atas semoga usaha Anda akan dapat bertahan dan berkembang dengan baik.

Itulah tips dan strategi peluang bisnis cuci motor dan mobil , semoga dapat bermanfaat...
Selamat mencoba....

Bagikan Artikel ini ke teman-teman Anda...!